Sabtu, 14 Juli 2012

Wat Arun (Temple of Dawn)


Wat Arun (bahasa Thai: วัดอรุณ, Candi Fajar) adalah candi Buddha (wat) yang terletak di distrik Bangkok Yai di BangkokThailand, tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya. Nama panjang dari candi ini adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara (วัดอรุณราชวรารามราชวรมหาวิหาร). Wat Arun Rajwararam atau Temple of Dawn, diberi nama setelah Aruna, India God Dawn. Wat Arun dianggap salah satu yang paling terkenal dari banyak landmark di Thailand.

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kuil ini terletak di tepi barat sungai Chao Phraya di Thon Buri. View terbaik untuk melihat/memotret kuil ini adalah dari seberang sungai, yaitu saat pagi hari saat kuil ini memancarkan kerlap-kerlip ribuan cermin kecil yang menempel di dindingnya dan saat menjelang matahari terbenam untuk mendapatkan efek siluet kuil ini.

Kuil, yang di Indonesia disebut dengan Candi ini dikelilingi oleh menara-menara kecil yang disebut dengan “Phra Prang. Pengunjung juga bisa naik ke atas kuil dengan mendaki tangga yang cukup curam.

Kuil ini sudah berdiri sejak pusat pemerintahan masih di Ayutthaya dengan nama Wat Mokok karena berlokasi di sebuah daerah bernama Tumbol Bangmakok. Setelah mengalami perbaikan pada masa King Rama II 1809-1824 dan King Rama III (1824-1851).

   

Untuk mengunjungi Wat Arun, Anda bisa naik Taxi atau bus kota yang menuju ke Istana kerajaan Thailand (Grand Palace). Kemudian berjalan sekitar 10 m ke tempat penyebrangan, Tha Tien Pier. Selain itu, anda juga bisa mencoba naik BTS Skytrain dari arah mana saja ke Saphan Thaksin, lalu dari Stasiun BTS Saphan Thaksin turun ke Pier dan naik boat dengan tarif 20 Baht ke Tha Tien Pier. Kita menggunakan jasa Ferry untuk menyeberang sungai ke Lokasi Wat Arun dengan tarif 4 Baht. Biaya tiket masuk adalah 50 Baht per orang.

Hati-hati, disana ada tempat berfoto berupa papan lukisan orang berpakaian Tradisional lengkap yang bisa kita isi dengan wajah kita. Jika anda menggunakannya untuk berfoto, anda akan diminta bayar 40 Baht per-orang. lumayan mahal juga. Sebenarnya ada tulisan 40 B pada bagian bawah papan ini, namun tulisannya sudah tampak pudar sehingga banyak wisatawan, termasuk saya. "Busyeett....cuma foto gitu doang bayar Rp. 12.000, itupun kamera dari kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar