Rabu, 13 April 2011

Ciri Hakiki Bangsa Indonesia

Setiap Bangsa memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan bangsa lain. Memahami ciri-ciri hakiki bangsa adalah mutlak dan hendaknya usaha ini tidak dihalangi oleh rasa kebanggaan. 

Bangsa Indonesia sedang mengalami distorsi wawasan kebangsaan yang mengarah pada krisis persatuan dan kesatuan nasional.  Keadaan ini menjadi perhatian dan harus segera di upayakan langkah intensif dan strategis untuk menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan latar belakang suku, agama, etnis maupun golongan, seperti yang dilakukan melalui forum persaudaraan bangsa indonesia, seperti saat ini.

Ciri fisik maupun nilai-nilai primordial bukan merupakan dasar kesamaan dalam ikatan kebangsaan Indonesia. Dan bangsa Indonesia tidak harus didefinisikan dalam arti Bangsa Indonesia yang Pribumi. Bangsa Indonesia harus bangga akan kekayaan asal usul etnik yang beragam. Perlu ditegaskan bahwa Indonesia merupakan sebuah konsep yang terdiri dari keberagaman etnik, masing-masing etnis mengembangkan sifat komunalisme secara otonom yang hidup berkembang dengan wajar dan alamiah dalam bentuk-bentuknya yang spesifik. Masing-masing etnis kemudian terlibat pola interaksi intensif dan menghasilkan tata pergaulan masyarakat beragam. 

Dasar kesamaan yang menyatu padu menjadi satu bangsa justru terletak di dalam kebhinekaan masyarakat Indonesia bersifat multidimensional, sebab dalam kebhinekaan masyarakat Indonesia yang mempunyai keanekaragaman lingkungan-lingkungan tradisi, kebhinekaan agama, ras, suku bangsa (etnik), bahasa, dan kebudayaan tersebut harus tetap berlangsung bersatu dalam keindonesiaan. Kodrat bangsa Indonesia yang bhineka tidak dapat dielakkan. Dan kebhinekaan masyarakat Indonesia merupakan sebuah kekuatan yang harus didorong menjadi potensi kebersamaan untuk kepentingan bersama membangun bangsa dengan rasa dan wawasan kebangsaan yang tinggi, mengutamakan kepentingan umum (bangsa), bukan kepentingan pribadi serta menghargai kebebasan dan kesamaan derajat bagi setiap anggota masyarakat. 

Heteroginitas dan pluralisme yang ada pada bangsa Indonesia memang suatu realita tetapi hal ini bukan untuk dijadikan masalah tapi justru menjadi salah satu sumber kekuatan bangsa. Biarkan perbedaan-perbedaan itu ada dan tetap ada, karena perbedaan-perbedaan tersebut merupakan kekayaan dari bangsa indonesia.  Yang harus di usahakan oleh bangsa Indonesia adalah bagaimana perbedaan-perbedaan tersebut dapat tetap mempersatukan bangsa Indonesia dalam persatuan yang kokoh dan kuat.  Demikian intisari yang dibangun dalam kegiatan ini agar seluruh komponen masyarakat bersatu padu menciptakan suasana yang kondusif dalam keanekaragaman suku/ras, bahasa dan kebudayaan.

Sumber :

Nama : Ulfi Candra Rini
NPM : 21309468
Kelas : 2 TB 01

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar